Contoh Cerita Reflektif : Pendidikan Inklusif

Berikut kami sampaikan contoh cerita reflektif dalam pengerjaan topik PMM terkait kegiatan Piloting PPG Dalam Jabatan Guru 2024 Modul 1 tentang Pendidikan Inklusif Perlu diketahui, ini hanya sekedar contoh dan bukan untuk ditiru atau copy paste. Sebaiknya Bapak/Ibu guru membaca dengan cermat instruksi yang ada di platfom PMM sehingga dapat mengerjakan tugas dengan baik. Jika bapak/ibu membutuhkan bantuan Om DOmpet silahkan hubungi WhatsApp Om atau klik tombol merah di bawah ini. Terima kasih dan semangat ... !!

Sebagai Ibu Guru, S.Pd di TK Merdeka, modul tentang pendidikan inklusif telah memberikan wawasan yang sangat berharga mengenai bagaimana menciptakan lingkungan belajar yang ramah bagi semua siswa, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus. Salah satu hal menarik yang saya dapatkan adalah pentingnya pendekatan yang berfokus pada kekuatan setiap anak, bukan pada kekurangan mereka. Melalui praktik baik yang telah saya terapkan, seperti melakukan modifikasi dalam kegiatan belajar dan menyediakan alat bantu yang sesuai, saya menyaksikan bagaimana anak-anak dengan beragam kemampuan dapat berpartisipasi secara aktif dan merasa diterima di kelas. Selain itu, saya juga mengedukasi teman-teman sekelas tentang keragaman dan pentingnya saling menghargai, yang memperkuat rasa empati dan toleransi di antara mereka.

Meskipun saya sudah melakukan beberapa langkah positif, saya menyadari bahwa masih banyak yang dapat saya perbaiki untuk lebih memahami dan menerapkan prinsip pendidikan inklusif. Salah satu tindakan yang ingin saya lakukan adalah memperdalam pengetahuan saya tentang strategi pengajaran yang lebih spesifik untuk anak-anak dengan kebutuhan khusus, seperti terapi wicara dan metode pembelajaran multisensori. Saya juga ingin berkolaborasi dengan tenaga ahli dan orang tua siswa untuk mendapatkan masukan dan saran yang lebih baik dalam menciptakan pengalaman belajar yang lebih inklusif. Dengan cara ini, saya berharap dapat lebih efektif dalam mendukung setiap anak di kelas, sehingga mereka semua dapat tumbuh dan berkembang dengan baik dalam lingkungan yang mendukung dan inklusif.

 




Jika Bapak/Ibu guru membutuhkan bantuan Om Dompet, silahkan klik tombol di bawah ini.  










Posting Komentar untuk "Contoh Cerita Reflektif : Pendidikan Inklusif"