Contoh Cerita Reflektif : Perancangan Pembelajaran dan Asesmen Anak Usia Dini

Berikut kami sampaikan contoh cerita reflektif dalam pengerjaan topik PMM terkait kegiatan Piloting PPG Dalam Jabatan Guru 2024 Modul 1 tentang Perancangan Pembelajaran dan Asesmen Anak Usia Dini. Perlu diketahui, ini hanya sekedar contoh dan bukan untuk ditiru atau copy paste. Sebaiknya Bapak/Ibu guru membaca dengan cermat instruksi yang ada di platfom PMM sehingga dapat mengerjakan tugas dengan baik. Jika bapak/ibu membutuhkan bantuan Om DOmpet silahkan hubungi WhatsApp Om atau klik tombol merah di bawah ini. Terima kasih dan semangat ... !!

Sebagai Ibu Guru, S.Pd di TK Merdeka, saya menyadari bahwa masalah budaya antre merupakan tantangan yang perlu diatasi dalam pembelajaran anak usia dini. Untuk merancang perencanaan yang efektif, saya mulai dengan mengedukasi anak-anak tentang pentingnya menghargai waktu dan antrian melalui kegiatan permainan yang melibatkan antrean, seperti permainan tebak-tebakan atau relay. Saya juga mengintegrasikan cerita-cerita yang menggambarkan nilai-nilai kesabaran dan saling menghormati dalam konteks menunggu. Melalui pendekatan ini, saya berusaha menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sekaligus mendidik, sehingga anak-anak dapat memahami dan menginternalisasi budaya antre dengan cara yang positif.

Untuk membuktikan bahwa anak-anak telah mencapai tujuan pembelajaran terkait budaya antre, saya merancang asesmen yang melibatkan observasi langsung selama kegiatan tersebut. Saya mencatat kemampuan anak dalam antre, seperti kesabaran mereka dan kemampuan untuk saling menghormati satu sama lain saat menunggu giliran. Selain itu, saya juga akan menggunakan alat asesmen berupa checklist yang mencakup indikator-indikator seperti kemampuan anak dalam menunggu dengan tenang, berinteraksi dengan teman saat antre, dan mengikuti aturan yang telah disepakati. Dengan cara ini, saya dapat memberikan umpan balik yang konkret dan mendukung perkembangan sosial anak, serta memastikan bahwa mereka memahami nilai-nilai yang diajarkan.

 




Jika Bapak/Ibu guru membutuhkan bantuan Om Dompet, silahkan klik tombol di bawah ini.  










Posting Komentar untuk "Contoh Cerita Reflektif : Perancangan Pembelajaran dan Asesmen Anak Usia Dini"