Contoh Cerita Reflektif : Menerapkan Pendekatan Teaching at The Right Level pada Pembelajaran

Berikut kami sampaikan contoh cerita reflektif dalam pengerjaan topik PMM terkait kegiatan Piloting PPG Dalam Jabatan Guru 2024 Modul 1 tentang Menerapkan Pendekatan Teaching at The Right Level pada Pembelajaran. Perlu diketahui, ini hanya sekedar contoh dan bukan untuk ditiru atau copy paste. Sebaiknya Bapak/Ibu guru membaca dengan cermat instruksi yang ada di platfom PMM sehingga dapat mengerjakan tugas dengan baik. Jika bapak/ibu membutuhkan bantuan Om DOmpet silahkan hubungi WhatsApp Om atau klik tombol merah di bawah ini. Terima kasih dan semangat ... !!

Sebagai Ibu Guru S.Pd di kelas 5 SDN 1 Merdeka, saya mempelajari pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) yang menekankan pentingnya mengajarkan siswa sesuai dengan tingkat kemampuan mereka agar pembelajaran lebih efektif. Saya menyadari bahwa setiap siswa memiliki level pemahaman yang berbeda, sehingga dengan melakukan penilaian awal dan membagi siswa ke dalam kelompok berdasarkan kemampuan, saya dapat memberikan dukungan yang lebih spesifik dan tantangan yang sesuai. Pendekatan ini membantu saya lebih terhubung dengan siswa dan memahami kebutuhan individual mereka.

Saya menemukan bahwa fleksibilitas dalam mengajar menjadi kunci dalam menerapkan TaRL. Dengan variasi strategi pengajaran, seperti pembelajaran berbasis proyek dan diskusi kelompok kecil, siswa menjadi lebih aktif dan termotivasi dalam belajar. Meskipun menghadapi tantangan dalam mengelola waktu dan sumber daya, pengalaman ini mendorong saya untuk lebih kreatif dalam merancang kegiatan pembelajaran. Secara keseluruhan, penerapan pendekatan ini memberi wawasan tentang pentingnya pendidikan yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa, sehingga mereka dapat berkembang sesuai dengan potensi terbaik mereka.


Jika Bapak/Ibu guru membutuhkan bantuan Om Dompet, silahkan klik tombol di bawah ini.  





Posting Komentar untuk "Contoh Cerita Reflektif : Menerapkan Pendekatan Teaching at The Right Level pada Pembelajaran"