Contoh Cerita Reflektif : Pembelajaran Sosial Emosional: Bagaimana Mewujudkan Kesejahteraan Psikologis Warga Sekolah?

Berikut kami sampaikan contoh cerita reflektif dalam pengerjaan topik PMM terkait kegiatan Piloting PPG Dalam Jabatan Guru 2024 Modul 1 tentang Pembelajaran Sosial Emosional: Bagaimana Mewujudkan Kesejahteraan Psikologis Warga Sekolah? Perlu diketahui, ini hanya sekedar contoh dan bukan untuk ditiru atau copy paste. Sebaiknya Bapak/Ibu guru membaca dengan cermat instruksi yang ada di platfom PMM sehingga dapat mengerjakan tugas dengan baik. Jika bapak/ibu membutuhkan bantuan Om DOmpet silahkan hubungi WhatsApp Om atau klik tombol merah di bawah ini. Terima kasih dan semangat ... !!

Sebagai Ibu Guru, S.Pd di TK Merdeka, saya telah menerapkan tiga upaya untuk mengembangkan keterampilan sosial dan emosional di kalangan siswa, yaitu Belajar, Berkolaborasi, dan Menjadi Teladan. Dalam kegiatan “Berkebun Bersama”, saya mengajak anak-anak untuk belajar tentang pentingnya kerja sama dengan membagi tugas, seperti menyiapkan tanah, menanam biji, dan menyiram tanaman. Peristiwa ini sangat menyentuh, karena saya melihat anak-anak saling membantu dan mendukung satu sama lain selama proses tersebut. Saya merasakan kebanggaan dan kebahagiaan saat mereka menunjukkan rasa empati dan saling pengertian, yang mengindikasikan perkembangan keterampilan sosial mereka. Melalui pengalaman ini, saya belajar bahwa kegiatan fisik yang melibatkan kolaborasi dapat memperkuat hubungan antar siswa dan menciptakan rasa komunitas yang lebih baik.

Setelah kegiatan berkebun, saya menyadari pentingnya menjadi teladan dalam menunjukkan sikap positif dan pengelolaan emosi. Dalam situasi ketika ada anak yang merasa frustasi karena tanaman yang ditanam tidak tumbuh dengan baik, saya berusaha menunjukkan cara yang tepat untuk mengatasi kekecewaan tersebut dengan memberikan dorongan dan solusi, seperti menjelaskan bahwa setiap usaha membutuhkan waktu. Pembelajaran ini mengajarkan saya bahwa sebagai guru, saya harus terus menerapkan prinsip PSE dalam tindakan sehari-hari. Setelah pengalaman ini, saya berkomitmen untuk terus menciptakan kegiatan yang mendukung pengembangan keterampilan sosial dan emosional di kelas, serta menjadi teladan yang baik bagi anak-anak dengan mengelola emosi saya sendiri dan menunjukkan sikap positif dalam setiap interaks

 


Jika Bapak/Ibu guru membutuhkan bantuan Om Dompet, silahkan klik tombol di bawah ini.  








Posting Komentar untuk "Contoh Cerita Reflektif : Pembelajaran Sosial Emosional: Bagaimana Mewujudkan Kesejahteraan Psikologis Warga Sekolah?"